CPU- Z merupakan software yang digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer secara detail. Ketika dijalankan, CPU-Z akan menampilkan informasi mengenai semua komponen yang terpasang di komputer. Di tab [cache], CPU-Z menampilkan informasi detail mengenai cache prosesor. Pada tab[motherboard], kita bisa melihat informasi mengenai motherboard, BIOS, dan kartu VGA. Informasi mengenai memori, speed dan latency, serta modus kerjanya (single channel atau dual channel) bisa ditilik di tab [memory]. Sedangkan tab [SPD] menampilkan informasi mengenai produsen modul memori dan timing memori secara default.
 
 
 

PROCESSOR

•    Name: Nama core yang terdapat pada processor komputer/laptop
•    Code name: kode yang terdapat pada core processor. Tiap komputer/laptop mempunyai code name berbeda. Untuk lepi saya yang I3 nama code namenya "Arrandale" , contoh yang lainnya seperti : "Meron" , "Nehalem"
•    Package: Jenis soket yang di gunakan processor
•    Technologi : Proses fabrikasi,pada laptop saya bertuliskan 32nm yang artinya transistor-transistor di press sampai berukuran 32nm. Karena semakin kecil semakin hemat energi
•    Core voltage: tegangan listrik yang ada pada prosesor (ini ga tau kenapa di laptop saya ga ada, ga sempet nyecer nanya ke asdos :p)
•    Specification: spesifikasi processor yang ada pada komputer/laptop
•    Instruction: ada 4 MMX,SSE,EM64T,VT-X.

CACHE


Cache memory adalah memory berukuran kecil berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan sementara instruksi dan/atau data (informasi) yang diperlukan oleh prosesor. Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal prosesor. Cache memory ini berbasis SRAM yang secara fisik berukuran kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil atau sedikit. Pada saat ini, cache memory ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.

KECEPATAN CACHE MEMORY

Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepat dibandingkan L2 cache maupun L3 cache (bila ada). Kecepatannya mendekati kecepatan register. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Secara fisik L1 cache tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. L1 cache adalah lokasi pertama yang diakses oleh prosesor ketika mencari pasokan data. Kapasitas simpan datanya paling kecil, antara puluhan hingga ribuan byte tergantung jenis prosesor. Pada beberapa jenis prosesor pentium kapasitasnya 16 KB yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 8 KB untuk menyimpan instruksi, dan 8 KB untuk menyimpan data.
Transfer data tercepat kedua setelah L1 cache adalah L2 cache. Prosesor dapat mengambil data dari cache L2 yang terintegrasi (on-chip) lebih cepat dari pada cache L2 yang tidak terintegrasi. Kapasitas simpan datanya lebih besar dibandingkan L1 cache, antara ratusan ribu byte hingga jutaan byte, ada yang 128 KB, 256 KB, 512 KB, 1 MB, 2 MB, bahkan 8 MB, tergantung jenis prosesornya. Kapasitas simpan data untuk L3 cache lebih besar lagi, bisa ratusan juta byte (ratusan mega byte).

MMX

MMX adalah sebuah teknologi hasil karya perusahaan Intel. Pada awalnya, istilah MMX dikabarkan merupakan kependekan dari MultiMedia eXtension atau Multiple Math atau Matrix Math eXtension. Namun pihak Intel secara resmi menolak pengertian tersebut, dan mengatakan bahwa MMX bukan singkatan apapun juga. MMX adalah trademarked (cap/merk dagang) Intel, yang mengandung pengertian atas peningkata prosesor dalam kompresi & dekompresi video, manipulasi gambar, enkripsi, pemrosesan Input/Output. MMX memang sebuah teknologi yang secara lengkap disebut dengan nama Intel MMX Technology. MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprosesor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi, yaitu aplikasi multimedia, game, editor gambar dua dimensi, kompresi/ dekompresi, enkripsi, dan aplikasi lainnya.

VT-X

VT-X: menerjemahkan perintah dari prosesor. Mesin usulan mampu menyederhanakan virtual monitors (VMMs) meningkatkan kinerja virtual system

0 komentar:

Poskan Komentar

About this blog

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.